Entri Populer

Jumat, 23 Maret 2012

makalah fiqih:sholat jama'dan qoshor


MAKALAH FIQIH
SHALAT JAMA’ DAN QOSHOR


Makalah disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah
Fiqih yang diampu
Oleh Bpk. Drs.H Abdulloh Sadjad S.Ag,


Disusun Oleh :
SYAMSU MUZAKKI
Semester : I a / PAI

SEKOLAH TINGGI  ILMU TARBIYAH NAHDLATUL ULAMA
PACITAN
Jl.Brigjend. S Parman no.44B(0357)885635  PACITAN
2011/2012
KATA PENGANTAR

Segala puji bagi ALLAH SWT Tuhan semesta alam,dalam waktu yang relatif singkat,makalah yang berjudul “sholat jama’” terselesaikan dengan baik.
Adanya makalah ini tentu saja melibatkan bantuan dari berbagai pihak.Untuk itu,kami ucapkan terimakasih kepada:
   1.Orang tua yang telah mendo’akan,membimbing,dan memberikan motivasi agar kami senantiasa rajin dalam menuntut ilmu.
   2.Bpk. Drs.H Abdulloh Sadjad S.Ag, sebagai dosen pengampu mata kuliah Fiqih yang telah memberikan tugas dan memberikan arahan.
   3.Sahabat – sahabat yang telah membantu menyelesaikan tugas ini.
Penulisan makalah ini masih jauh dari kesempurnaan.Oleh karena itu,kritik dan saran yang membangun dari pembaca senantiasa diharapkan.Semogamakalah ini bermanfaat bagi penulis khususnya dan bagi pembaca pada umumnya.Mohon maaf  jika terjadi salah penulisan pada makalah ini.





Penyusun







DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL ..........................................................................................................        i
KATA PENGANTAR.........................................................................................................       ii
DAFTAR ISI......................................................................................................................        iii
BAB I   PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG..............................................................................................         1
1.2 TUJUAN.................................................................................................................        1
1.3 PERUMUSAN MASALAH......................................................................................       1
BAB II   PEMBAHASAN
2.1 Sholat jama’...........................................................................................................         2
2.1.a Pengertian sholat jama’................................................................................          2
2.1.b Syarat sah sholat jama’................................................................................          3
2.1.c Yang diperbolehkan melakukan sholat jama’.............................................            3
2.1.d Cara Melakukan sholat jama’.......................................................................          4
2.2 Sholat Qoshor.......................................................................................................          6
2.2.a Pengertian sholat qoshor.............................................................................           6
2.2.b Syarat sah sholat qoshor.............................................................................           7
BAB III PENUTUP
3.1 KESIMPULAN.............................................................................................................       11
DAFTAR PUSTAKA.........................................................................................................        12








BAB I  PENDAHULUAN

1.1              Latar Belakang.
Sebagai umat islam,menjalankan sholat fardhu adalah kewajiban yang tidak boleh ditinggalkan.Sholat wajib merupakan suatu pendidikan untuk melatih kedisiplinan,menghargai waktu,dan kesabaran.Kadangkala kita mengalami kerepotan dalam melaksanakan sholat fardhu ketika dalam perjalanan atau bepergian.Namun,serepot apapun,kita tetap tidak boleh meninggalkannya.Akan tetapi  ALLAH SWT  selalu memberikan kemudahan serta tidak menyulitkan dan memberatkan hanba-Nya.Dalam kondisi  tertentu sholat boleh dijama’ atau di qoshor.
Untuk  itu,dalam makalah ini akan dibahas tentang sholat jama’ dan qoshor.

1.2              Perumusan masalah
Untuk membahas makalah ini lebih lanjut,diperlukan adanya perumusan masalah sebagai berikut :
1.Apa pengertian tentang sholat jama’ dan qoshor?
2.Apa sebab-ssebab melakukan sholat jama’ atau qoshor?
3.Apakah syarat sah dalam sholat jama’ dan qoshor?
4.Dan bagaimana tata cara melakukan sholat jama’ dan qoshor?

1.3  Tujuan penulisan
Penulisan makalah ini bertujuan agar kita,sebagai umat muslim mengetahui  tentang sholat jama’ dan qoshor,serta kita dapat mengimplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.









BAB II  PEMBAHASAN


2.1.SHOLAT JAMA’
Sholat adalah kewajiban yang harus dilakukan pada waktu yang telah ditentukan.Dalam kondisi tertentu,waktu – waktu itu bisa dikumpulkan dengan cara menjama’nya.
2.1.a Pengertian sholat jama’
Sholat jama’ ialah mengumpulkan dua sholat fardhu yang dikerjakan dalam satu waktu saja,baik yang awal saja atau yang akhir saja.misalnya:sholat mahrib dan sholat isya’ dikerjakan pada waktu maghrib atau dikerjakan pada waktu isya’.
Dalam melakukan sholat jama’,perlu di perhatikan waktu yang boleh dijama’ dan yang tidak boleh dijama’.Diantara waktu-waktu sholat yang bisa dijama’ adalah sholat dhuhur dengan sholat ashar,dan sholat maghrib dengan sholat isya’.Sedangkan sholat shubuh,tetap dikerjakan sendiri pada waktunya.
Sholat jama’ menjadi menjadi 2 yaitu :
-          Jama’ Takdim
-          Jama’ Ta’khir
a. Jama’ takdim
Jama’ takdim adalah dua shalat fardhu yang  dikerjakan dalam satu waktu,yaitu pada waktu shalat yang awal.
Contohnya :
-Sholat Maghrib dan Isya’ dikerjakan pada waktu sholat Maghrib.
-Sholat dhuhur dan Asyar dikerjakan pada waktu sholat Dhuhur.
b. Jama’ Ta’khir                                                
Jama’ Ta’khir ialah dua sholat fardhu yang diikerjakan dalam satu waktu,yaitu pada sholat yang akhir.
Contohnya :
-Sholat Maghrib dan Isya’ dikerjakan pada waktu sholat Isya’
-Sholat Dhuhur dan Asyar dikerjakan pada waktu sholat Asyar


2.1.b Syarat sah sholat jama’
Apabila seseorang melakukan sholat jama’,harus memenuhi syarat-syarat yang telah ditentukan syara’.jika syarat-syaratnya tidak dipenuhi,maka tidak sah salatnya.
a.Syarat Jama’ Takdim
Menurut sebagian besar para ulama,syarat sholat jama’ takdim ada tiga,yakni:
# Hendaklah dimulai dengan shalat yang pertama(dhuhur sebelum asyar dan maghrib sebelum isyak)karena waktunya adalah waktu yang pertama.
# Berniat jama’agar berbeda dari sholat yang terdahulu karena lupa.
# Berturut-turut,karena seolah-olah keduanya satu shalat.
b.Syarat jama’ Ta’khir
Sedangkan syarat sholat jama’ ta’khir yakni :
# Berniat ingin melakukan sholat jama’ ta’khir pada saat masuknya waktu sholat yang pertama.
# Shalat jama’ ta’khir dilakukan secara berurutan.
# Antara sholat yanmelakukan shalat  pertama dan kedua tidak diselingi apapun
.
2.1.c Yang di Perbolehkan Melakukan Shalat Jama’
Tidak setiap orang diperbolehkan melakukan shalat fardhu dengan jama’.Orang-orang yang diperbolehkan melakukan shalat fardhu dengan jama’ adalah orang-orang tertentu,antara lain sebagai berikut :
# Orang yang sedang dalam keadaan sakit
# Orang yang sedang bepergian jauh,hal itu berdasarkan hadits berikut :








Artinya : Dari Anas bin Malik r.a berkata,”Rasulullah SAW,apabila berangkat sebelum tergelincir matahari,beliau mengakhirkan Dhuhur ke waktu Asyar.Pada waktu asyar,beliau berhenti lalu menjamakkan antara keduanya.Jika beliau berangkat sesudah matahari tergelincir,Beliau mengerjakan dahulu dhuhur,Sesudah itu barulah beliau berangkat.”(H.R. Bukhari dan Muslim).
# Orang yang shalat jamaah di masjid,lalu turun hujan sedang rumahnya jauh.






Artinya : Dari Nafi,Maula Ibnu Umar menerangkan bahwasanya Ibnu Umara apabila para mengumpulkan antara Maghrib dan Isya’ lantaran hujan,beliau pun melaksanakan jama’ itu beserta meraka.
# Para jamaah haji ketika akan berangkat dari Arafah ke Muzdalifah,yakni jama’ takdim antara sholat dhuhur dan Asyar dan jama’ ta’khir antara shalat maghrib dan Isya’.

2.1.d Cara Melakukan Shalat Jama’
Cara-cara mengerjakan shalat jama’ adalah sebagai berikut
a.Shalat Jama’ takdim
1).Jika yang dijama’ sholat mghrib dan isya’,caranya ialah mengerjakan sholat maghrib dahulu seperti biyasa,kemudian dilanjutkan sholat isya’.Sholat maghrib dan isya’ ini dikerjakan pada waktu maghrib
2).Jika yang dijama’sholat Dhuhur dan Asyar,caranya ialah mengerjakan sholat dhuhur dahulu seperti biyasa,kemudian dilanjutkan sholat Asyar.Sholat dhuhur dan asyar ini dikerjakan pada waktu dhuhur.
b.Sholat jama’ ta’khir
1).Jika yang dijama’ sholat maghrib dan isya’,caranya ialah mengerjakan sholat maghrib dahulu seperti biasa,kemudian dilanjutkan dengan sholat isya’.Sholat maghrib dan isya’ ini dikerjakan pada waktu isya’.
2).Jika yang dijama’sholat dhuhur dan asyar,cara mengerjakannya ialah sholat dhuhur seperti biasa,kemudian dilanjutkan sholat asyar.Sholat dhuhur dan asyar ini dikerjakan pada waktu asyar.
Mengenai bacaan,gerakan,dan sama rukunnya seperti shalat fardhu ,yang berbeda hanya niatnya.Adapun niat melakukan sholat jama’,ada yang dilafalkan seperti berikut,Misalnya:
a.Niat shalat jama’ takdim
1.Niat sholat  dhuhur yang di jama’ takdim dengan sholat asyar.



Artinya:Aku berniat shalat fardhu dhuhur empat rakaat dijama’ dengan shalat asyar dengan jama’ takdim karena ALLAH ta’ala
2.Niat shalat asyar yang di jama’takdim dengan sholat dhuhur.



Artinya:Aku berniat sholat fardhu asyar empat rokaat dijama’ dengan sholat dhuhur dengan jama’ takdim karena ALLAH ta’ala.
3.Niat sholat maghrib yang dijama’ takdim dengan sholat isya’



Artinya:Aku berniat sholat fardhu maghrib tiga raka’at dijama’ dengan shalat isya’ dengan jama’ takdim karena ALLAH ta’ala.
4.Niat sholat isya’ yang dijama’ takdim dengan sholat maghrib



Artinya :  Aku berniat shalat fardhu isya’ rakaat dijama’dengan shalat maghrib dengan jama’ takdim karena ALLAH ta’ala
b.Niat sholat jama’ ta’khir
1.Niat sholat dhuhur yang dijama’ ta’khir dengan asyar.



Artinya : Aku berniat sholat Dhuhur empat rokaat dijama’ dengan sholat asyar dengan jama’ ta’khir karena ALLAH ta'ala.
2.Niat sholat asyar yang dijama’ ta’khir denganh dhuhur


Artinya : Aku berniat sholat fardhu asyar empat rokaat  dijama’ dengan sholat dhuhur dengan jama’ ta’khir karena ALLAH ta’ala.
3.Niat sholat Maghrib yang dijama’ ta’khir dengan sholat isya’



Artinya :Aku berniat sholat fardhu maghrib tiga rokaat dijama’dengan sholat isya’ dengan
 Jama’ ta’khir karena ALLAH ta’ala
4. Niat shalat isya’ yang dijama’ ta’khir dengan sholat maghrib.



Artinya : Aku berniat sholat fardhu isya’ empat rokaat dijama’ dengan sholat maghrib dengan jama’ tak’khir karena ALLAH ta’ala

2.2 Sholat Qoshor
Selain sholat jama’ keringanan lain yang diajarkan dalam islam adalah sholat qoshor
2.2.a Pengertian sholat qoshor
Sholat qoshor adalah meringkas bilangan rokaat dalam sholat fardhu.dari empat rokaat diringkas menjadi dua rokaat.Karena itu sholat fardhu yang jumlah rokaatnya kurang dari empat tidak boleh di qoshor seperti sholat maghrib dan sholat shubuh.
Mengerjakan sholat fardhu dengan qoshor boleh dilakukan bagi orang yang telah memenuhi syarat untuk mengqoshor.Dalam al-qur’an dijelaskan
#sŒÎ)ur ÷Läêö/uŽŸÑ Îû ÇÚöF{$# }§øŠn=sù ö/ä3øn=tæ îy$uZã_ br& (#rçŽÝÇø)s? z`ÏB Ío4qn=¢Á9$# ÷bÎ) ÷LäêøÿÅz br& ãNä3uZÏFøÿtƒ tûïÏ%©!$# (#ÿrãxÿx. 4 ¨bÎ) tûï͍Ïÿ»s3ø9$# (#qçR%x. ö/ä3s9 #xrßtã $YZÎ7B ÇÊÉÊÈ  
Artinya : dan apabila kamu bepergian di muka bumi, Maka tidaklah mengapa kamu men-qashar sembahyang(mu), jika kamu takut diserang orang-orang kafir. Sesungguhnya orang-orang kafir itu adalah musuh yang nyata bagimu.


2.2.b Syarat-syarat sah sholat qoshor
Seseorang dinyatakan sah dalam mengqoshor sholatnya,,apabila telah memenuhi syarat- syarat sebagai berikut:
# Berniat untuk mengqoshor sholatnya.
# Sholat yang di qoshor meliputi sholat yang diperbolehkan untuk diqoshor.Yakni sholat                             dhuhur,asyar dan isya’.
# Perjalanan yang ditempuh memenuhi syaratuntuk mengqoshor sholat,yakni perjalanan jauh yang jika ditempuh dengan jalan kaki memerlukan waktu minimal dua hari.
# Perjalanan yang ditempuh bertujuan baik,misalnya bersilaturahmi,berdagang dan menuntut ilmu.
2.2.c Orang yang diperbolehkan mengqoshor sholat
Tidak semua orang diperbolehkan mengqoshor sholatnya.Seseorang diperbolehkan mengqoshor sholat apabila dalam keadaan sakit ,tidak aman, atau dalam bepergian jauh.dalam sebuah hadits diterangkan:



Artinya:ALLAH mewajibkan sholat melalui nabimu(Nabi Muhammad SAW)empat rakaat ketika menetap dan dua rakaat ketika berada dalam perjalanan(H.R Muslim)
2.2.d Cara Melakukan sholat qoshor
Adapun cara melakukan sholat qoshor ialah sebagai sebagai berikut:
a. Jika yang diqoshor sholat dhuhur,caranya ialah berniat untuk mengerjakan sholat dhuhur dengan qoshor.Adapun bacaan dan gerakannya sama seperti sholat fardhu dhuhur,yang berbeda hanya niatnya saja.Niat sholat dhuhur dengan qoshor ada yang dilafalkan seperti berikut:



Artinya: aku berniat shalat fardhu dhuhu dua rakaat qoshor karena  ALLAH  ta’ala
b. Jika yang diqoshor sholat asar,caranya seperti mengqoshor shalat dhuhur ,yang berbeda hanya niatnya.Niat shalat asyar dengan qoshor ada yang dilafalkan seperti berikut ini:


Artinya:Aku berniat shalat salat fardhu asyar dua rakaat qoshor karena ALLAH ta’ala
c. Jika yang diqoshor sholat isya’ cara mengerjakannya pun sama seperti mengqoshor shalat dhuhur,baik bacaannya maupun gerakannya yang berbeda hanya niatnya.Niat salat isya’dengan qoshor ada yang di lafalkan seperti berikut ini:




Artinya:Aku berniat shalat fardhu isya’ dua rakaat qoshor karena ALLAH ta’ala

2.3 Sholat Jama’ Qoshor
Dalam kondisi tertentu,keringanan yang berupa sholat  jama’dan qoshor dapat dilakukan secara bersamaaan.Yaitu shalat jama’ qoshor.
2.3.a Pengertian shalat  jama’ qoshor
Apabila bepergian  jauh,seseorang diperbolehkan  mengerjakan sholat dengan  menjamak dan sekaligus mengqoshornya.Maksudnya,mengerjakan dua shalat fardhu adalam satu waktu,sekaligus meringkas bilangan rokaatnya.Baik pada waktu yang awal (jama’ takdim) maupun pada waktu yang akhir(jama’ ta’khir).
2.3.b Cara mengerjakan shalat  jama’ qoshor
Cara mengerjakan  sholat jama’ qoshor adalah  sebagai berikut:
a. Sholat jama’ takdim dengan qoshor
(1).Sholat dhuhur dan Ashar
Cara mengerjakannya yaitu shalat dhuhur dua rakaat,kemudian dilanjutkan  sholat  asyar  dua rakaat.sholat dhuhur dan asyar ini di kerjakan pada waktu dhuhur.Bacaan dan  gerakannya sama dengan sholat fardhu,yang berbeda hanya niatnya saja.Adapun niat sholat dhuhur dan asyar   jama’ takdim dengan qoshor  ada yang di lafalkan seperti:
a.niat sholat dhuhur  jama’ takdim dengan qoshor


Artinya:Aku berniat  sholat fardhu dhuhur dua  rakaat  dijama’ dengan sholat asyar secara jama’ takdim dan qoshor karena ALLAH ta’ala
b.niat sholat asyar  jama’ takdim dengan qoshor


Artinya:Aku berniat shoolat fardhu asyar dua rakaat dijama’ dengan dhuhur,secara jama’ takdim dan  qoshor karena ALLAH ta’ala.
(2).sholat maghrib dan Isya’
Cara mengerjakannya,yaitu sholat maghrib dahulu tiga rokaat kemudian dilanjutkan sholat isya’ dua rakaat.Sholat maghrib dan Isya’ ini dikerjakan  pada waktu maghrib.Bacaan dan gerakannya seperti sholat maghrib dan isya’ yang biasa kita kerjakan,yang berbeda hanya niatnya.Adapun niat sholat maghrib dan isya’ jama’ takdim dengan qoshorada  yang dilafalkan seperti berikut:
a.niat sholat maghrib jama’ takdim


Artinya:Aku berniat sholat maghrib secara  jama’ takdim karena ALLAH ta’ala.
b.niat sholat isya’ jama' takdim dengan qoshor.



Artinya:Aku berniat sholat fardhu isya’ dua rokaat dijama’ dengan maghrib dengan jama’ takdim dan qoshor karena ALLAH ta’ala.

b. Sholat jama’ ta’khir dengan qoshor
Contoh sholat jama’ ta’khir dengan qoshor adalah sholatdhuhur dan asyar.Cara mengerjakannya ,yaitu sholat dhuhur dahulu dua rakaat,kemudian dilanjutkan sholat asyar dua rakaat.Sholat dhuhur dan asyar ini ,dikerjakan pada waktu sholat asyar.Gerakan dan bacaaanya seperti sholat dhuhur dan asyar yang biasa kita kerjakan,yangberbeda hanya niatnya.Adapun niat sholat dhuhur dan asyar jama’ ta’khir dengan qoshor ada yang dilkafalkan seperti berikut:
a.Niat sholat dhuhur jama’ ta’khir dengan qoshor



Artinya:Aku berniat sholat fardhu dhuhur dua rakaat dijama’dengan sholat asyar secara  jama’ ta’khir  dan qoshor karena ALLAH ta’ala


b.Niat sholat isya’ jama’ ta’khir dengan  qoshor



Artinya:Aku berniat shalat fardhu isya’ dua rakaat dijama’ dengan  sholat maghrib secara jama’ ta’khir dan qoshor karena ALLAH ta’ala

                                                                            





















BAB III  PENUTUP
                                               
3.1 kesimpulan
Dari uraian pembahasan diatas,dapat kita ambil kesimpulan bahwa sebenarnya ajaran agama islam adalah ajaran agama yang tidak memberatkan umatnya selama sanggup melaksanakan sesuai dengan situasi dan kondisi.misalnya sholat tidakharus dilaksanakan dengan berdiri jika kita tidak mampu berdiri.Begitu juga saat kita bepergian jauh,jangan sampai alasan ini membuat kita tidak mengerjakan sholat.Untuk itu islam mempermudah kita,kita bisa menjamak atau mengqoshor sholat kita.
Sebagai umat islam kita harus bisa hidup disiplin,teguh pendirian,dan menghargai waktu.Karena sebenarnya dengan mengerjakakan sholat,kita telah di didik untuk selalu  disiplin dalam menghargai waktu,serta hidup disiplin.Jangan sampai alasan-alasan sepele kita meninggalkan sholat.Kita dipermudah,haruskah kita terus mencari alasan untuk meninggalkan sholat???Tentu tidak kan,sebagai hamba yang beriman,tentu kita harus mematuhi smua ajaran yang ada dalam islam,agar kita bisa meraih kebahagiaan dunia dan akhirat.

















DAFTAR  PUSTAKA

·         Soepardjo,H.2003.Integritasi Budi Pekerti dalam Pendidikan Agama Islam.Solo:Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.
·         Ngadiyanto,Soepardjo H.2004.Mutiara Akhlak dalam PendidikanAgama Islam.Solo:Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.
·         Ikhsan.Tuntunan Shalat Lengkap.Surabaya:Karya Gemilang Utama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar