MAKALAH FIQIH
SHALAT JAMA’ DAN QOSHOR
Makalah disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah
Fiqih
yang diampu
Oleh Bpk. Drs.H Abdulloh Sadjad S.Ag,
Disusun
Oleh :
SYAMSU MUZAKKI
Semester : I a / PAI
SEKOLAH TINGGI
ILMU TARBIYAH NAHDLATUL ULAMA
PACITAN
Jl.Brigjend.
S Parman no.44B(0357)885635 PACITAN
2011/2012
KATA PENGANTAR
Segala
puji bagi ALLAH SWT
Tuhan semesta alam,dalam waktu yang relatif singkat,makalah yang berjudul “sholat jama’” terselesaikan
dengan baik.
Adanya
makalah ini tentu saja melibatkan bantuan dari berbagai pihak.Untuk itu,kami
ucapkan terimakasih kepada:
1.Orang tua yang telah mendo’akan,membimbing,dan memberikan motivasi
agar kami senantiasa rajin dalam menuntut ilmu.
2.Bpk. Drs.H Abdulloh Sadjad
S.Ag, sebagai dosen pengampu
mata kuliah Fiqih
yang telah memberikan tugas dan memberikan arahan.
3.Sahabat – sahabat yang telah membantu menyelesaikan tugas ini.
Penulisan
makalah ini masih jauh dari kesempurnaan.Oleh karena itu,kritik dan saran yang
membangun dari pembaca senantiasa diharapkan.Semogamakalah ini bermanfaat bagi
penulis khususnya dan bagi pembaca pada umumnya.Mohon maaf jika
terjadi salah penulisan pada makalah ini.
Penyusun
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL .......................................................................................................... i
KATA PENGANTAR......................................................................................................... ii
DAFTAR ISI...................................................................................................................... iii
BAB I PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG.............................................................................................. 1
1.2 TUJUAN................................................................................................................. 1
1.3 PERUMUSAN
MASALAH...................................................................................... 1
BAB II PEMBAHASAN
2.1 Sholat jama’........................................................................................................... 2
2.1.a Pengertian sholat
jama’................................................................................ 2
2.1.b Syarat sah sholat jama’................................................................................ 3
2.1.c Yang diperbolehkan melakukan sholat jama’............................................. 3
2.1.d Cara Melakukan sholat
jama’....................................................................... 4
2.2 Sholat
Qoshor....................................................................................................... 6
2.2.a Pengertian sholat qoshor............................................................................. 6
2.2.b Syarat sah sholat
qoshor............................................................................. 7
BAB III PENUTUP
3.1 KESIMPULAN............................................................................................................. 11
DAFTAR
PUSTAKA......................................................................................................... 12
BAB
I PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang.
Sebagai umat islam,menjalankan
sholat fardhu adalah kewajiban yang tidak boleh ditinggalkan.Sholat wajib
merupakan suatu pendidikan untuk melatih kedisiplinan,menghargai waktu,dan
kesabaran.Kadangkala kita mengalami kerepotan dalam melaksanakan sholat fardhu
ketika dalam perjalanan atau bepergian.Namun,serepot apapun,kita tetap tidak
boleh meninggalkannya.Akan tetapi ALLAH
SWT selalu memberikan kemudahan serta
tidak menyulitkan dan memberatkan hanba-Nya.Dalam kondisi tertentu sholat boleh dijama’ atau di qoshor.
Untuk itu,dalam makalah ini akan dibahas tentang
sholat jama’ dan qoshor.
1.2
Perumusan masalah
Untuk membahas makalah ini lebih
lanjut,diperlukan adanya perumusan masalah sebagai berikut :
1.Apa pengertian tentang sholat jama’ dan qoshor?
2.Apa sebab-ssebab melakukan sholat jama’ atau
qoshor?
3.Apakah syarat sah dalam sholat jama’ dan qoshor?
4.Dan bagaimana tata cara melakukan sholat jama’ dan
qoshor?
1.3 Tujuan penulisan
Penulisan makalah ini bertujuan agar
kita,sebagai umat muslim mengetahui
tentang sholat jama’ dan qoshor,serta kita dapat mengimplikasikannya
dalam kehidupan sehari-hari.
BAB
II PEMBAHASAN
2.1.SHOLAT
JAMA’
Sholat adalah kewajiban yang harus
dilakukan pada waktu yang telah ditentukan.Dalam kondisi tertentu,waktu – waktu
itu bisa dikumpulkan dengan cara menjama’nya.
2.1.a
Pengertian sholat jama’
Sholat jama’ ialah mengumpulkan dua
sholat fardhu yang dikerjakan dalam satu waktu saja,baik yang awal saja atau
yang akhir saja.misalnya:sholat mahrib dan sholat isya’ dikerjakan pada waktu
maghrib atau dikerjakan pada waktu isya’.
Dalam melakukan sholat jama’,perlu
di perhatikan waktu yang boleh dijama’ dan yang tidak boleh dijama’.Diantara
waktu-waktu sholat yang bisa dijama’ adalah sholat dhuhur dengan sholat
ashar,dan sholat maghrib dengan sholat isya’.Sedangkan sholat shubuh,tetap
dikerjakan sendiri pada waktunya.
Sholat jama’ menjadi
menjadi 2 yaitu :
-
Jama’ Takdim
-
Jama’ Ta’khir
a. Jama’ takdim
Jama’ takdim adalah dua
shalat fardhu yang dikerjakan dalam satu
waktu,yaitu pada waktu shalat yang awal.
Contohnya
:
-Sholat
Maghrib dan Isya’ dikerjakan pada waktu sholat Maghrib.
-Sholat
dhuhur dan Asyar dikerjakan pada waktu sholat Dhuhur.
b. Jama’ Ta’khir
Jama’ Ta’khir ialah dua
sholat fardhu yang diikerjakan dalam satu waktu,yaitu pada sholat yang akhir.
Contohnya :
-Sholat Maghrib dan
Isya’ dikerjakan pada waktu sholat Isya’
-Sholat Dhuhur dan
Asyar dikerjakan pada waktu sholat Asyar
2.1.b Syarat sah sholat jama’
Apabila
seseorang melakukan sholat jama’,harus memenuhi syarat-syarat yang telah
ditentukan syara’.jika syarat-syaratnya tidak dipenuhi,maka tidak sah salatnya.
a.Syarat
Jama’ Takdim
Menurut sebagian besar para ulama,syarat
sholat jama’ takdim ada tiga,yakni:
# Hendaklah dimulai
dengan shalat yang pertama(dhuhur sebelum asyar dan maghrib sebelum
isyak)karena waktunya adalah waktu yang pertama.
# Berniat jama’agar
berbeda dari sholat yang terdahulu karena lupa.
# Berturut-turut,karena
seolah-olah keduanya satu shalat.
b.Syarat
jama’ Ta’khir
Sedangkan syarat sholat jama’ ta’khir
yakni :
# Berniat ingin
melakukan sholat jama’ ta’khir pada saat masuknya waktu sholat yang pertama.
# Shalat jama’ ta’khir
dilakukan secara berurutan.
# Antara sholat yanmelakukan
shalat pertama dan kedua tidak diselingi
apapun
.
2.1.c Yang di
Perbolehkan Melakukan Shalat Jama’
Tidak
setiap orang diperbolehkan melakukan shalat fardhu dengan jama’.Orang-orang
yang diperbolehkan melakukan shalat fardhu dengan jama’ adalah orang-orang
tertentu,antara lain sebagai berikut :
# Orang yang sedang
dalam keadaan sakit
# Orang yang sedang
bepergian jauh,hal itu berdasarkan hadits berikut :
Artinya : Dari Anas bin Malik r.a berkata,”Rasulullah
SAW,apabila berangkat sebelum tergelincir matahari,beliau mengakhirkan Dhuhur
ke waktu Asyar.Pada waktu asyar,beliau berhenti lalu menjamakkan antara
keduanya.Jika beliau berangkat sesudah matahari tergelincir,Beliau mengerjakan
dahulu dhuhur,Sesudah itu barulah beliau berangkat.”(H.R. Bukhari dan
Muslim).
# Orang yang shalat jamaah di masjid,lalu turun hujan sedang
rumahnya jauh.
Artinya : Dari Nafi,Maula Ibnu Umar menerangkan bahwasanya
Ibnu Umara apabila para mengumpulkan antara Maghrib dan Isya’ lantaran
hujan,beliau pun melaksanakan jama’ itu beserta meraka.
# Para jamaah haji ketika akan berangkat dari Arafah ke
Muzdalifah,yakni jama’ takdim antara sholat dhuhur dan Asyar dan jama’ ta’khir
antara shalat maghrib dan Isya’.
2.1.d Cara Melakukan Shalat Jama’
Cara-cara mengerjakan shalat jama’ adalah sebagai berikut
a.Shalat Jama’ takdim
1).Jika yang dijama’ sholat mghrib dan isya’,caranya ialah
mengerjakan sholat maghrib dahulu seperti biyasa,kemudian dilanjutkan sholat
isya’.Sholat maghrib dan isya’ ini dikerjakan pada waktu maghrib
2).Jika yang dijama’sholat Dhuhur dan Asyar,caranya ialah
mengerjakan sholat dhuhur dahulu seperti biyasa,kemudian dilanjutkan sholat
Asyar.Sholat dhuhur dan asyar ini dikerjakan pada waktu dhuhur.
b.Sholat jama’ ta’khir
1).Jika yang dijama’ sholat maghrib dan isya’,caranya ialah
mengerjakan sholat maghrib dahulu seperti biasa,kemudian dilanjutkan dengan
sholat isya’.Sholat maghrib dan isya’ ini dikerjakan pada waktu isya’.
2).Jika yang dijama’sholat dhuhur dan asyar,cara
mengerjakannya ialah sholat dhuhur seperti biasa,kemudian dilanjutkan sholat
asyar.Sholat dhuhur dan asyar ini dikerjakan pada waktu asyar.
Mengenai bacaan,gerakan,dan sama rukunnya seperti shalat
fardhu ,yang berbeda hanya niatnya.Adapun niat melakukan sholat jama’,ada yang
dilafalkan seperti berikut,Misalnya:
a.Niat shalat jama’ takdim
1.Niat sholat dhuhur
yang di jama’ takdim dengan sholat asyar.
Artinya:Aku berniat shalat fardhu dhuhur empat rakaat
dijama’ dengan shalat asyar dengan jama’ takdim karena ALLAH ta’ala
2.Niat shalat asyar yang di jama’takdim dengan sholat dhuhur.
Artinya:Aku berniat sholat fardhu asyar empat rokaat
dijama’ dengan sholat dhuhur dengan jama’ takdim karena ALLAH ta’ala.
3.Niat sholat maghrib yang dijama’ takdim dengan sholat isya’
Artinya:Aku berniat sholat fardhu maghrib tiga raka’at
dijama’ dengan shalat isya’ dengan jama’ takdim karena ALLAH ta’ala.
4.Niat sholat isya’ yang dijama’ takdim dengan sholat maghrib
Artinya : Aku
berniat shalat fardhu isya’ rakaat dijama’dengan shalat maghrib dengan jama’ takdim
karena ALLAH ta’ala
b.Niat sholat jama’ ta’khir
1.Niat sholat dhuhur yang dijama’ ta’khir dengan asyar.
Artinya : Aku berniat sholat Dhuhur empat rokaat dijama’
dengan sholat asyar dengan jama’ ta’khir karena ALLAH ta'ala.
2.Niat sholat asyar yang dijama’ ta’khir denganh dhuhur
Artinya : Aku berniat sholat fardhu asyar empat
rokaat dijama’ dengan sholat dhuhur
dengan jama’ ta’khir karena ALLAH ta’ala.
3.Niat sholat Maghrib yang dijama’ ta’khir dengan sholat
isya’
Artinya :Aku berniat sholat fardhu maghrib tiga rokaat dijama’dengan
sholat isya’ dengan
Jama’ ta’khir karena
ALLAH ta’ala
4. Niat shalat isya’ yang dijama’ ta’khir dengan sholat
maghrib.
Artinya : Aku berniat sholat fardhu isya’ empat rokaat
dijama’ dengan sholat maghrib dengan jama’ tak’khir karena ALLAH ta’ala
2.2 Sholat Qoshor
Selain sholat jama’ keringanan lain yang diajarkan dalam
islam adalah sholat qoshor
2.2.a Pengertian sholat qoshor
Sholat qoshor adalah meringkas bilangan rokaat
dalam sholat fardhu.dari empat rokaat diringkas menjadi dua rokaat.Karena itu
sholat fardhu yang jumlah rokaatnya kurang dari empat tidak boleh di qoshor
seperti sholat maghrib dan sholat shubuh.
Mengerjakan sholat fardhu dengan qoshor boleh
dilakukan bagi orang yang telah memenuhi syarat untuk mengqoshor.Dalam
al-qur’an dijelaskan
#sÎ)ur ÷Läêö/uÑ Îû ÇÚöF{$# }§øn=sù ö/ä3øn=tæ îy$uZã_ br& (#rçÝÇø)s? z`ÏB Ío4qn=¢Á9$# ÷bÎ) ÷LäêøÿÅz br& ãNä3uZÏFøÿt tûïÏ%©!$# (#ÿrãxÿx. 4 ¨bÎ) tûïÍÏÿ»s3ø9$# (#qçR%x. ö/ä3s9 #xrßtã $YZÎ7B ÇÊÉÊÈ
Artinya : dan apabila
kamu bepergian di muka bumi, Maka tidaklah mengapa kamu men-qashar
sembahyang(mu), jika kamu takut diserang orang-orang kafir. Sesungguhnya
orang-orang kafir itu adalah musuh yang nyata bagimu.
2.2.b Syarat-syarat sah sholat qoshor
Seseorang dinyatakan sah dalam mengqoshor
sholatnya,,apabila telah memenuhi syarat- syarat sebagai berikut:
# Berniat untuk mengqoshor sholatnya.
# Sholat yang di qoshor meliputi sholat yang diperbolehkan untuk diqoshor.Yakni
sholat dhuhur,asyar dan isya’.
# Perjalanan yang ditempuh memenuhi syaratuntuk mengqoshor
sholat,yakni perjalanan jauh yang jika ditempuh dengan jalan kaki memerlukan
waktu minimal dua hari.
# Perjalanan yang ditempuh bertujuan baik,misalnya
bersilaturahmi,berdagang dan menuntut ilmu.
2.2.c Orang yang diperbolehkan mengqoshor sholat
Tidak semua orang diperbolehkan mengqoshor sholatnya.Seseorang
diperbolehkan mengqoshor sholat apabila dalam keadaan sakit ,tidak aman, atau dalam
bepergian jauh.dalam sebuah hadits diterangkan:
Artinya:ALLAH mewajibkan sholat melalui
nabimu(Nabi Muhammad SAW)empat rakaat ketika menetap dan dua rakaat ketika
berada dalam perjalanan(H.R Muslim)
2.2.d Cara Melakukan sholat qoshor
Adapun cara melakukan sholat qoshor ialah sebagai
sebagai berikut:
a. Jika yang
diqoshor sholat dhuhur,caranya ialah berniat untuk mengerjakan sholat dhuhur
dengan qoshor.Adapun bacaan dan gerakannya sama seperti sholat fardhu
dhuhur,yang berbeda hanya niatnya saja.Niat sholat dhuhur dengan qoshor ada
yang dilafalkan seperti berikut:
Artinya: aku berniat shalat fardhu dhuhu dua
rakaat qoshor karena ALLAH ta’ala
b. Jika yang diqoshor sholat asar,caranya seperti
mengqoshor shalat dhuhur ,yang berbeda hanya niatnya.Niat shalat asyar dengan
qoshor ada yang dilafalkan seperti berikut ini:
Artinya:Aku berniat shalat salat fardhu asyar
dua rakaat qoshor karena ALLAH ta’ala
c. Jika yang
diqoshor sholat isya’ cara mengerjakannya pun sama seperti mengqoshor shalat
dhuhur,baik bacaannya maupun gerakannya yang berbeda hanya niatnya.Niat salat
isya’dengan qoshor ada yang di lafalkan seperti berikut ini:
Artinya:Aku berniat shalat fardhu isya’ dua
rakaat qoshor karena ALLAH ta’ala
2.3 Sholat Jama’ Qoshor
Dalam kondisi tertentu,keringanan yang berupa sholat jama’dan qoshor dapat dilakukan secara
bersamaaan.Yaitu shalat jama’ qoshor.
2.3.a Pengertian shalat jama’ qoshor
Apabila bepergian jauh,seseorang
diperbolehkan mengerjakan sholat
dengan menjamak dan sekaligus
mengqoshornya.Maksudnya,mengerjakan dua shalat fardhu adalam satu
waktu,sekaligus meringkas bilangan rokaatnya.Baik pada waktu yang awal (jama’
takdim) maupun pada waktu yang akhir(jama’ ta’khir).
2.3.b Cara mengerjakan shalat jama’ qoshor
Cara mengerjakan
sholat jama’ qoshor adalah
sebagai berikut:
a. Sholat jama’ takdim dengan qoshor
(1).Sholat dhuhur dan Ashar
Cara mengerjakannya yaitu shalat dhuhur dua rakaat,kemudian
dilanjutkan sholat asyar
dua rakaat.sholat dhuhur dan asyar ini di kerjakan pada waktu
dhuhur.Bacaan dan gerakannya sama dengan
sholat fardhu,yang berbeda hanya niatnya saja.Adapun niat sholat dhuhur dan
asyar jama’ takdim dengan qoshor ada yang di lafalkan seperti:
a.niat sholat
dhuhur jama’ takdim dengan qoshor
Artinya:Aku
berniat sholat fardhu dhuhur dua rakaat
dijama’ dengan sholat asyar secara jama’ takdim dan qoshor karena ALLAH
ta’ala
b.niat sholat asyar jama’ takdim dengan qoshor
Artinya:Aku
berniat shoolat fardhu asyar dua rakaat dijama’ dengan dhuhur,secara jama’
takdim dan qoshor karena ALLAH ta’ala.
(2).sholat maghrib dan Isya’
Cara mengerjakannya,yaitu sholat maghrib dahulu tiga rokaat kemudian
dilanjutkan sholat isya’ dua rakaat.Sholat maghrib dan Isya’ ini
dikerjakan pada waktu maghrib.Bacaan dan
gerakannya seperti sholat maghrib dan isya’ yang biasa kita kerjakan,yang
berbeda hanya niatnya.Adapun niat sholat maghrib dan isya’ jama’ takdim dengan
qoshorada yang dilafalkan seperti
berikut:
a.niat sholat maghrib jama’ takdim
Artinya:Aku berniat sholat maghrib secara jama’ takdim karena ALLAH ta’ala.
b.niat sholat isya’ jama' takdim dengan qoshor.
Artinya:Aku
berniat sholat fardhu isya’ dua rokaat dijama’ dengan maghrib dengan jama’
takdim dan qoshor karena ALLAH ta’ala.
b. Sholat jama’ ta’khir dengan qoshor
Contoh sholat jama’ ta’khir dengan qoshor adalah sholatdhuhur dan
asyar.Cara mengerjakannya ,yaitu sholat dhuhur dahulu dua rakaat,kemudian dilanjutkan
sholat asyar dua rakaat.Sholat dhuhur dan asyar ini ,dikerjakan pada waktu
sholat asyar.Gerakan dan bacaaanya seperti sholat dhuhur dan asyar yang biasa
kita kerjakan,yangberbeda hanya niatnya.Adapun niat sholat dhuhur dan asyar
jama’ ta’khir dengan qoshor ada yang dilkafalkan seperti berikut:
a.Niat sholat dhuhur jama’ ta’khir dengan qoshor
Artinya:Aku
berniat sholat fardhu dhuhur dua rakaat dijama’dengan sholat asyar secara jama’ ta’khir
dan qoshor karena ALLAH ta’ala
b.Niat sholat isya’ jama’ ta’khir dengan qoshor
Artinya:Aku
berniat shalat fardhu isya’ dua rakaat dijama’ dengan sholat maghrib secara jama’ ta’khir dan
qoshor karena ALLAH ta’ala
BAB III PENUTUP
3.1 kesimpulan
Dari uraian pembahasan diatas,dapat kita ambil
kesimpulan bahwa sebenarnya ajaran agama islam adalah ajaran agama yang tidak
memberatkan umatnya selama sanggup melaksanakan sesuai dengan situasi dan
kondisi.misalnya sholat tidakharus dilaksanakan dengan berdiri jika kita tidak
mampu berdiri.Begitu juga saat kita bepergian jauh,jangan sampai alasan ini
membuat kita tidak mengerjakan sholat.Untuk itu islam mempermudah kita,kita
bisa menjamak atau mengqoshor sholat kita.
Sebagai umat islam kita harus bisa hidup
disiplin,teguh pendirian,dan menghargai waktu.Karena sebenarnya dengan
mengerjakakan sholat,kita telah di didik untuk selalu disiplin dalam menghargai waktu,serta hidup
disiplin.Jangan sampai alasan-alasan sepele kita meninggalkan sholat.Kita
dipermudah,haruskah kita terus mencari alasan untuk meninggalkan sholat???Tentu
tidak kan,sebagai hamba yang beriman,tentu kita harus mematuhi smua ajaran yang
ada dalam islam,agar kita bisa meraih kebahagiaan dunia dan akhirat.
DAFTAR
PUSTAKA
·
Soepardjo,H.2003.Integritasi Budi Pekerti dalam Pendidikan Agama Islam.Solo:Tiga
Serangkai Pustaka Mandiri.
·
Ngadiyanto,Soepardjo H.2004.Mutiara Akhlak dalam PendidikanAgama Islam.Solo:Tiga
Serangkai Pustaka Mandiri.
·
Ikhsan.Tuntunan Shalat Lengkap.Surabaya:Karya Gemilang Utama.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar