RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Madrasah : Madrasah Aliyah Negeri Pacitan
Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas/Semester : XII / Ganjil
Alokasi Waktu : 2x40 menit
Standar KOmpetensi :
Memahami Perkembangan islam pada masa modern /zaman kebangkitan(1800-sekarang)
Kompetensi
dasar : 1.1.Menjelaskan perkembangan islam pada masa
modern
Indikator : 1.Siswa mampu menjelaskan sejarah latar
belakang berkembangnya islam pada masa modern.
2.Siswa
mampu menceritakan sejarah terjadinya pembaruan di dunia islam.
Nilai Karakter
yang di Harapkan :
1.Siswa
mempunya rasa hormat dan Perhatian
( respect) terhadap sejarah pembaruan di
dunia islam.
2.Siswa
mempunya rasa kecintaan (lovely) terhadap sejarah kebudayaan islam.
A.Tujuan Pembelajaran :
1.Siswa mampu
menjelaskan sejarah latar belakang berkembangnya islam pada masa modern.
2.Siswa
mampu menceritakan sejarah pembaruan di dunia islam.
B.Materi
Pembelajaran :
- Salah satu hal
yang melatar belakangi terjadinya pembaruan di dunia islam adalah kebangkitan
bangsa eropa dalam bidang
teknologi,industri,ilmu pengetahuan dan lain-lainnya yang dipelajari dari islam
yang mengakibatkan islam mengalami kemunduran akibat kesenjangan pengetahuan dengan
bangsa eropa.
- Kemudian di
tahun 1800 an ummat islam mulai menyadari atas kekurangan dan kelemahannya
sehingga tumbuh dorongan untuk mengejar ketertinggalan dan memperoleh kemajuan
di berbagai bidang ilmu pengetahuan dan teknologi,inilah yang disebut dengan
pembaruan di dunia islam.
- Dalam
perkembangannya,islam mengalami pembaruan dalam ajarannya,pola/metode
pendidikan islam,ilmu pengetahuan serta kebudayaan.
C.Skenario
Pembelajaran :
1.Pendahuluan :
- Observasi :
Memeriksa kehadiran siswa(absensi),kebersihan dan kerapian kelas.
-
Motivasi : Memimpin
berdoa,memberikan motivasi kepada siswa agar siap mengikuti pembelajaran.
2.Kegiatan
inti :
a.Eksplorasi : 1 –Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran
2- Guru mengadakan pretest
3- Guru mengapresiasikan pembelajaran awal.
b.Elaborasi : 1- Guru membentuk kelompok diskusi
2- Guru menyampaikan aturan main diskusi tiap
kelompok
3-Siswa melakukan diskusi dengan kelompoknya
masing-masing sesuai materi diskusi.
4-
Guru meminta setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya
5-
Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi dan kelompok lain memperhatikan
6.Guru
dan kelompok lain saling menanggapi hasil diskusi setiap kelompok dengan
memberikan pertanyaan,tambahan atau sanggahan.
c.Konfirmasi : 1-Guru memberikan kesimpulan dari diskusi tersebut serta
hal-hal yang di anggap perlu di tambahkan dari hasil diskusi tiap kelompok
2-Setelah pembahasan pertanyaan,siswa kembali
ke tempat duduknya masing-masing.
3.Guru
melakukan penilaian dan refleksi terhadap kegiatan yang telah di laksanakan.
3.Kegiatan penutup :
a.Guru
memberikan motivasi pada siswa,pesan-pesan moral.
b.Guru
memberikan gambaran materi yang akan di ajarkan pada pertemuan berikutnya.
D.Sumber Belajar dan Media : Buku Sejarah Kebudayaan islam kelas XII,
E.Media Pembelajaran : Lembar diskusi,Rubrik Penilaian,Lks
F.Penilaian :
1.Rubric penilaian Diskusi
No.
|
Nama Anggota
|
Aspek yang di nilai
|
|||
Karakteristik Soal
|
Keberanian bertanya
|
Ketepatan Menjawab
|
Kerjasama dalam kelompok
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Penilaian:
Setiap poin penilaian nilainya
= 15
Nilai = 15 x 4
= 60 /siswa
|
2.Rubrik Tanya Jawab
No.
|
Nama
Anggota
|
Aspek yang di nilai
|
|||
Kekompakan
|
Kerjasama dalam kelompok
|
Tingkah laku
|
Kejelasan Materi
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Penilaian:
Setiap poin penilaian nilainya
= 10
Nilai = 10 x 4
=40 /siswa
|
Mengetahui
Kepala
Madrasah Aliyah Negeri Pacitan
Drs.Kholid
Masruri,S.Ag
132437724848
|
|
Pacitan,1
Februari 2013
Guru
Pendidikan Agama Islam
Syamsu
Muzakki
20120101393
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar