Entri Populer

Sabtu, 22 Februari 2014

MATERI PAI MA/RPP





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Madrasah                      : Madrasah Aliyah Negeri Pacitan
Mata Pelajaran                        : Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas/Semester                        : XII / Ganjil
Alokasi Waktu                       : 2x40 menit
Standar KOmpetensi              : Memahami Perkembangan islam pada masa modern /zaman kebangkitan(1800-sekarang)
Kompetensi dasar                   :  1.1.Menjelaskan perkembangan islam pada masa modern
Indikator                                :   1.Siswa mampu menjelaskan sejarah latar belakang berkembangnya islam pada masa modern.
                                        2.Siswa mampu menceritakan sejarah terjadinya pembaruan di dunia islam.
Nilai Karakter yang di Harapkan :
                                                    1.Siswa mempunya rasa hormat dan Perhatian
       ( respect) terhadap sejarah pembaruan di dunia islam.
                                                  2.Siswa mempunya rasa kecintaan (lovely) terhadap sejarah kebudayaan islam.
A.Tujuan Pembelajaran                 :
1.Siswa mampu menjelaskan sejarah latar belakang berkembangnya islam pada masa modern.
                                           2.Siswa mampu menceritakan sejarah pembaruan di dunia islam.
B.Materi Pembelajaran                  :
- Salah satu hal yang melatar belakangi terjadinya pembaruan di dunia islam adalah kebangkitan bangsa eropa dalam  bidang teknologi,industri,ilmu pengetahuan dan lain-lainnya yang dipelajari dari islam yang mengakibatkan islam mengalami kemunduran akibat kesenjangan pengetahuan dengan bangsa eropa.
- Kemudian di tahun 1800 an ummat islam mulai menyadari atas kekurangan dan kelemahannya sehingga tumbuh dorongan untuk mengejar ketertinggalan dan memperoleh kemajuan di berbagai bidang ilmu pengetahuan dan teknologi,inilah yang disebut dengan pembaruan di dunia islam.
- Dalam perkembangannya,islam mengalami pembaruan dalam ajarannya,pola/metode pendidikan islam,ilmu pengetahuan serta kebudayaan.
C.Skenario Pembelajaran                 :
          1.Pendahuluan :
- Observasi         : Memeriksa kehadiran siswa(absensi),kebersihan dan kerapian kelas.
- Motivasi          : Memimpin berdoa,memberikan motivasi kepada siswa agar siap mengikuti pembelajaran.
2.Kegiatan inti :
a.Eksplorasi       : 1 –Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
                                       2- Guru mengadakan pretest
 3- Guru mengapresiasikan pembelajaran awal.
b.Elaborasi        : 1- Guru membentuk kelompok diskusi
                                       2- Guru menyampaikan aturan main diskusi tiap kelompok
                                         3-Siswa melakukan diskusi dengan kelompoknya masing-masing sesuai materi diskusi.
                                           4- Guru meminta setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya
                                           5- Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi dan kelompok lain memperhatikan
                                           6.Guru dan kelompok lain saling menanggapi hasil diskusi setiap kelompok dengan memberikan pertanyaan,tambahan atau sanggahan.
c.Konfirmasi        : 1-Guru memberikan kesimpulan dari diskusi tersebut serta hal-hal yang di anggap perlu di tambahkan dari hasil diskusi tiap kelompok
                                2-Setelah pembahasan pertanyaan,siswa kembali ke tempat duduknya masing-masing.
                               3.Guru melakukan penilaian dan refleksi terhadap kegiatan yang telah di laksanakan.
3.Kegiatan penutup :
                            a.Guru memberikan motivasi pada siswa,pesan-pesan moral.
                            b.Guru memberikan gambaran materi yang akan di ajarkan pada pertemuan berikutnya.
D.Sumber Belajar dan Media : Buku Sejarah Kebudayaan islam kelas XII,

E.Media Pembelajaran    : Lembar diskusi,Rubrik Penilaian,Lks

F.Penilaian                    :

1.Rubric penilaian Diskusi
No.
Nama Anggota
Aspek yang di nilai
Karakteristik Soal
Keberanian bertanya
Ketepatan Menjawab
Kerjasama dalam kelompok



























Penilaian:
Setiap poin penilaian nilainya = 15
Nilai = 15 x 4
         = 60 /siswa




2.Rubrik Tanya Jawab
No.
Nama Anggota
Aspek yang di nilai
Kekompakan
Kerjasama dalam kelompok
Tingkah laku
Kejelasan Materi












Penilaian:
Setiap poin penilaian nilainya = 10
Nilai = 10 x 4
         =40 /siswa














Mengetahui
Kepala Madrasah Aliyah Negeri Pacitan



Drs.Kholid Masruri,S.Ag
132437724848

Pacitan,1 Februari 2013
Guru Pendidikan Agama Islam




Syamsu Muzakki
20120101393

Tidak ada komentar:

Posting Komentar